Asiaaudiovisualra09gunawanwibisono’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Bsakah Lumpur Semburan Lumpur Lapindo Dihentikan?

Bisakah Semburan Lumpur Sidoarjo Dihentikan?

Perumusan Masalah

Perumusan masalah tersebut mengenai semburan lumpur panas di sidoarjo, karena semburan lumpur di sidoarjo tersebut menjadi polemik yang mendalam bagi masyarakat sidoarjo. Semburan lumpur panas asin di sidoarjo yang terus menerus sudah lama di alami oleh masyarakat sidoarjo pantaslah masyarakat mulai resah dan gelisah kepda pemerintah untuk dapat menanggulangi bencana semburan lumpur panas tersebut.

Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah bagai mana cara mengantisipasi pemerintah di dalam menanggulangi bencana semburan lumpur panas yang sudah meresahkan sebagian masyarakat yang tinggal di dekat daerah semburan lumpur panas tersebut yang terjadi di porong sidoarjo. Yang menjadi polemik bagi masyarakat sidoarjo.

Teori Yang Digunakan
Teori yang digunakan dalam masalah Semburan lumpur panas yang ter jadi sidoarjo tersebut adalah, mengunakan teori Corespondence Theory :
Teori dan realitas harus sama
Sebagai landasan ( benar atau salah )
Banyak untuk memenangkan opini
Kebenaran di ragukan

Pembahasan Masalah (Isi Opini)
Semburan lumpur panas asin yang terus menerus keluar sudah berbulan-bulan lamanya. Beban yang harus diterima oleh masyarakat sidoarjo, sementara usaha mematikan sumber semburan lumpur belum dapat dilakukan ditambah lagi kemmungkinan turunnya hujan sudah mulai dekat, pengolahan lumpur dipermukaan belum mampu mengurangi beban. Pantaslah kalau kemudian masyarakat resah dan gelisah.
Tindakan cepat . Pada situasi kecelakaan seperti ini sangat dibutuhkan tindakan-tindakan cepat,baik dalam usaha menutup semburan lumpur panas maupun dalam pengelolaan lumpur di permukaan. Sayangnya sejauh ini masyarakat menilai belum ada usaha yang signifikan yang dapat menenangkan masyarakat kendati kecelakaan sidah memasuki bulan ketiga, dan kesan lambat terlihat jelas.
Sekelompok ahli geologi berpendapat dan percaya bahwa kejadian ini merupakan fenomena mud volcano, yaitu keluarnya lumpur dari bawah tanah. Namun kelompuk lain termasuk ahli pengeboran migas percaya kejadian ini sebagai fenomena UGBO, yaitu keluarnya fluida bawah tanah (air,minyak, atau gas) yang tidak melalui lubang pengeboran.
Salah satu solusinya adalah bagian cair (air,dan sedikit tanah halus) harus diperbolehkan dikirim kelaut dengan meminjam sungai. Setelah selesai, sungai tersebut segera direklamasi dengan cara di gelontor air tawar kembali.
Dengan mekanisme ini kolam lumpur akan mengering sehingga lumpur yang tertingal menjadi mengering sehingga lumpur yang tertinggal menjadi lebih mudah dibuat bata. Keuntungan lainnya, tanggul tidak akan jebol lagi karena tidak ada lagi air yang memberi tekanan ke erah samping. DR IR RUDI RUBIANDINI RS (Dosen Institut Teknologi Bandung dan Ketua Majelis Ahli Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia).

Analisis dan Komentar
Semburan lumpur yang sudah meresahkan masyarakat. Dan beban yang harus diterima makin hari-makin berat, sementara usaha mematikan semburan lumpur panas belum dapat dilakukan. Tindakan-tindakan cepat dakam usaha menutup semburan maupun pengelolaan lumpur di permukaan. Sayangnya, sampai sejauh ini masyarakat masih menilai belum ada usaha yang signifikan dalam menghentikan semburan lumpur panas yang terus-menerus keluar di sidoarjo, dan terkesan pemerintah tidak terlalu perduli dengan nasib yang dihadapi sebagian masyarakat sidoarjo, dan pemerintah mempunyai kesan yang lambat dalam mengatasi semburan lumpur panas tersebut.
Cara penanggulangan yang terbaik adalah semburan lumpur yang keluar harus segera dialirkan ke laut, dan itu adalah salah satu solusi agar lumpur panas yang keluar dapat berkurang walaupun dengan jumlah yang tidak cukup besar. Tetapi setidaknya dapat sedikit mengatasi masalah semburan lumpur yang terus menerus keluar.

Kesimpulan
Pemeritah harus cepat menanggulangi semburan lumpur panas yang keluar terus-menerus di sidoarjo, dan salah satunya bagian cair (air dan sedikit tanah halus) harus diperbolehkan di kirim ke laut dengan meminjam sungai. Dengan mekanismr tersebut kolam lumpur pun akan mongering sehingga masyarakat pun tudak sengsara akibat dari semburan lupur ianas yang terus-menerus keluar di porong sidoarjo.

April 28, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: