Asiaaudiovisualra09gunawanwibisono’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Mengenal Televisi Sebagai Media Massa

Televisi Sebagai Media Massa
Pengertian Televisi
Televisi merupakan gabungan dari media dengar dan gambar yang bisa bersifat politis bisa pula informatif, hiburan dan pendidikan. Penyampaian isi pesan melalui televisi adalah langsung antara kominikator dan komunikan. Informasi yang disampaikan oleh televisi mudah dimengerti karena jelas terdengar secara audio dan terlihat secara visual.
Secara harfiah televisi artinya “melihat dari jauh”. Namun demikian, dalam pengertian sederhana ini sebenarnya meliputi dua bagian utama, yaitu pemancar televisi yang berfungsi mengubah dan memancarkan sinyal-sinyal gambat (view), bersama-sama dengan sinyal suara sehingga sinyal-sinyal tersebut dapat diterima oleh pesawat televisi penerima pada jarak jauh. Kedua televisi penerima yamg menangkap sinyal-sinyal tersebut dan mengubahnya kembali sehingga apa yang dipancarkan oleh transmisi televisi tadi dapat dilihat dan didengar seperti keadaan aslinya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pesawat televisi adalah alat yang digunakan untuk melihat dan mendengar dari tempat yang jauh .

Karakteristik Media Televisi
Karakteristik media televisi secara menyeluruh. Berikut ini adalah penjabaran unsur-unsur tersebut.
TABEL 2

SISTEM
Jaringan
Owner and operated
Independen

PENGUASAAN
Pemerintah
Publik
Swasta

SIFAT SIARAN
Politis
Sosial-Kultural
Komersial

CAKUPAN SIARAN
Lokal
Nasional/ regional
Global/ internasional

PENDANAAN

Pajak
Fee/ iuran pemilikann tvset
Iklan
Sumbangan filantropi

Dari skema diatas ditunjukan karakteristik institusi media televisi. Jaringan (net-works) adalah sistem pemasokan siaran secara sentral kepada sejumlah stasiun penyiaran dan stasiun penyiaran meyesuaikan programing dengan pusat jaringan. Owner and Operated (O&O) adalah sistem pemilikan dan pengoprasian sejumlah stasiun televisi dengan programing di luar jaringan. Sistem independen adalah stasiun televisi yang memiliki kebijakan programing sendiri.
Seluruh sistem penyelenggaraan mencangkup aspek-aspek yang bergerak antara sistem penguasaan dan sistem pendanaan. Demikianlah dikenal tiga macam media televisi berdasarkan sistem penguasaan, yaitu dalam penguasaan pemerintah, publik dan swasta.
Dari sistem penguasaan ini, media televisi akan bergerak sesuai dengan sistem pendanaan, sifat siaran dan cangkupan sebagai media organik bagi birokrasi pemerintah. Karenanya, sifat siaran utamamya adalah politis. Oleh karena itu, media semacam ini muatannya bersifat top-down dan searah jika peradikma pembangunan yang berlangsung juga bersifat top-down. Penggunaan media dalam setting perakdigma semacam ini ditunjukan untuk mensosialisasikan nilai yang mendasari kerja birokrasi pemerintah.
Begitu pula untuk televisi publik memeliki karakteristik sebagai media masyarakat untuk menjalankan fungsi istitusional yang memiliki tujuan sosial. Sedang media televisi swasta bertolak dari dorongan komersial, memiliki orientasi yang ketat dalam interaksi stasiun khalayak pemasang iklan.
Masing-masing media memiliki pola kebijakan programing yang berbeda. Karenanya, adalah adalah tidak proposional, misalnya, menuntut media swasta yang komersial agar menggunakan ukuran normatif seperti yang ditujukan kepada media publik. Benar bahwa setiap media harus memiliki landasan etika sosial, tetapi tentunya dengan bertolak dari ukuran yang relatif dan proposional .

Fungsi Media Televisi
Fungsi media televisi seperti, pers, televisi, redio dan lain-lain, serta proses kominikasi massa semakin banyak dijadikan objek studi, Pada dasarnya media itu memiliki fungsi dasar penting sebagai
1. Media merupakan industri yang berubah dan berkembang yang menciptakan lapangan kerja, jasa, serta menghidupkan industri lain yang terkait, media juga merupakan industri tersendiri yang memiliki peretiran-peraturan dan norma-norma yang menghubungkan institusi tersebut dengan masyarakat dan institusi sosial lainnya.
2. Media massa merupakan sumber kekuatan, alat kontrol, manajemen, dan inovasi dalam masyarakat yang dapat didayagunakan sebagai pengganti kekuatan atau sumber daya lainnya.
3. Media merupakan lokasi atau forum yang semakin berperan, untuk menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat, baik yang bertaraf nasional maupun internasional.
4. Media sering kali berperan sebagai wahana pengembangan kebudayaan bukan saja dalam pengertian pengembangan bentuk seni atau simbol tetapi juga pengertian pengembangan bentuk seni atau simbol tapi juga pengertian pengembangan tata cara, mode, gaya hidup, dan norma-norma.
5. Media telah menjadi sumber dominan bukan saja bagi individu untuk memperoleh gambaran dan citra realitas sosial, tetapi juga bagi masyarakat dan kelompok secara kolektif, media menyuguhkan nilai-nilai dan penilitian normatif yang dibaurkan dengan berita dan hiburan .

Sebagai salah satu sarana informasi bahwa televisi mempunyai peranan penting yaitu
1. Jendela, pengalaman yang meluaskan pandanagn kita dan memukinkan kita mampu memahami apa yang terjadi disekitar diri kita, tanpa campur tangan pihak lain.
2. Juru bahasa, yang menjelaskan dan memberi makna tehadap peristiwa atau hal yang terpisah dan kurang jelas.
3. Pembawa atau pengantar informasi dan pendapat.
4. Jaringan interaktif, yang menghubungkan pengirim dan penerima melalui berbagai macam umpan balik.
5. Papan penunjukjalan, yang aktif menunjukan arah, memberikan bimbingan atau instruksi.
6. Penyaring, yang memilih bagian pengalaman yang perlu di beri perhatian khusus dan menyisihkan aspek pengalaman lainnya, baik secara sadar dan sistematis maupun tidak.
7. Cermin, yang memantulkan citra masyarakat terhadap masyarakat itu sendiri, biasanya pantukan citra itu mengalami perubahan (distorsi) karena adanya penonjolan terhadap segi yang ingin dilihat oleh para anggota masyarakat, atau sering kali pula segi yang ingin mereka hakimi atau cela.
8. Tirai atau penutup yang menutupi kebenaran demi mencapai tujuan propaganda atau pelarian dari suatu kenyataan (escapism) .

April 28, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: