Apa Itu Khalayak
Pengertian Khalayak
Kata “massa” kadang kala dipakai untuk menyebutkan para konsumen di pasar massal atau sejumlah besar pemilih (masa pemberi suara). Kumpulan manusia semacam itu seringkali ada hubungannya dengan pengertian khalayak .
2.6.2. Karakteristik Khalayak
Karakteristik khalayak dapat di lihat dari kebutuhannya, menurut Katz, Gurevitch, dan Haas (1973) mengidentifikasikan lima kelompok kebutuhan dalam penggunaan media.
a. Kebutuhan kognigtif, seperti kebutuhan autuk mengerti.
b. Kebutuhan afektif, untuk memperkuat pengalaman emosional
c. Kebutuhan integratif, untuk memperkuat kepercayaan diri, kredibilitas, dan stabilitas diri.
d. Kebutuhan untuk memperkuat kontak dengan keluarga, teman, dan dunia luar kebutuhan untuk melepaskan ketegangan .
2.5.4. Jenis-Jenis Khalayak
Ray A. Bauer mengidetifikasikan khalayak menjadi tujuh dan memilki peranan tertentu dalam komunikasi.
1. Khalayak sebagai mediator. Khalayak menjadi mediator karena melakukan seleksi, misalnya khalayak akan memberikan perhatiannya pada berita-berita yang menguntungkan dirinya.
2. Khalayak memiliki perasaan suka dan tidak suka. Perasaan audien mempengaruhi dalam hal cara dia memberikan reaksi pesan komunikasi.
3. Khalayak sebagai pemroses informasi. Khalayak memiliki pebedaan dalam preferensi mereka untuk tiap jenis informasi yang diterimanya.
4. Khalayak sebagai anggota kelompok. Setiap orang adalah anggota suatu kelompok (grup). Kelompok ini ada yang menjadi preference group.
5. Khalayak sebagai penahan ego mereka. Menahan ego adalah mekanisme yang terdapat pada individu seperti : penolakan, penindasan, proyeksi, dan sebagainya.
6. Khalayak menyenangkan pihak lain. Khalayak mempunyai ciri untuk menyenangkan orang lain dengan cara bersikap setuju dengan apa yang mereka katakan.
7. Khalayak sebagai problem-solver. Salah satu fungsi informasi dalam media bagi khalayak adalah memegang masalah yang dihadapi .
No comments yet.
-
Recent
-
Links
-
Archives
- September 2009 (3)
- August 2009 (3)
- July 2009 (8)
- June 2009 (13)
- April 2009 (5)
- March 2009 (1)
-
Categories
-
RSS
Entries RSS
Comments RSS
Leave a Reply