Asiaaudiovisualra09gunawanwibisono’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Kemajuan Media Informasi

Seiring kemajuan media informasi, khususnya televisi membuat dunia semakin hari semakin dekat saja meskipun arus informasi yang mengalir tersebut akan mempunyai dampak baik itu positif maupun negatif, namun hal tersebut tidak bisa dielakan karena perubahan zaman yang sangat dinamis saat ini .
Saat ini perkembangan teknologi pertelevisian sudah berkembang semakin pesat sehingga dampak siarannya menyebabkan seolah-olah tidak ada lagi batas antara satu negara dengan negara lainnya, terlebih setelah digunakannya satelit untuk globalisasi dibidang informasi. Semua pihak berlomba-lomba menyajikan program acara yang lebih kreatif, inovatif untuk menarik perhatian khalayak.
Setiap harinya stasiun televisi menyediakan beranekaragam program acara dari berbagai jenis program itu dikelompokan menjadi dua yaitu : Program informasi (berita), dan program hiburan (entertainment), yang masuk kedalam program berita yaitu : Soft News dan Hard News. Contoh program Hard News adalah program berita, sedangkan untuk Soft News adalah News Magazine. Sedangkan yang masuk ke dalam program hiburan yaitu: Drama, permainan dan musik, danpertunjukan, dalam drama terdapat beberapa program televisi yang dikelompokkan kedalam yaitu : sinetron dan film. Program lain yaitu permainan, program permainan dibagi kedalam tiga jenis yaitu : Quiz Show, Ketangkasan, Reality Show. Program yang terakhir yaitu pertunjukan, di mana program yang menampilkan kemampuan seseorang atau beberapa orang yang dapat diselenggarakan di studio ataupun luar studio .
Teknologi komunikasi massa media televisi sering dijuluki sebagai faktor penentu perubahan yang kehadirannya tidak bisa dibendung makin mendekati abad ke-21, makin banyak pula perubahan yang terjadi akibat pengaruh kemajuan teknologi komunikasi massa media televisi .
Media televisi adalah media massa yang bersifat audio-visual, audio berarti pendengaran dan visual berarti penglihatan., jadi televisi adalah media yang dapat dinikmati melalui mata dan telingga. Media televisi juga salah satu alat komunikasi yang paling ampuh untuk menyampaikan pesan untuk khalayak luas, bahkan pada era reformasi ini media televisi sebagai salah satu media unggulan untuk masalah sosial, gaya hidup (life style), ekonomi, politik dan hiburan karena media selalu up to date dari sisi waktu ke waktu dengan keunggulan sebagai media yang dapat melalui indera pendengaran dan penglihatan.
Pada dasarnya fungsi televisi adalah memberikan hiburan yang sehat serta pengetahuan kepada pemirsanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah manusia yang membutuhkan hiburan. Hiburan–hiburan yang sehat yang ditayangkan di televisi seperti musik, film, infotaiment dan lain-lain sangat bermanfaat untuk mencairkan kejenuhan setelah sehari bekerja keras. Hal itu membuat pikiran kita kembali segar dan melupakan sejenak kelelahan sepanjang hari.
Media televisi memiliki posisi istimewa dalam masyarakat. Keistimewaan itu dapat dilihat dari karakteristiknya yang memberikan kemudahan maksimal kepada khalayaknya. Media televisi telah menggantikan peran sumber-sumber pendidikan konvesional dan tradisional. Orang tua, pemuka agama dan guru telah kehilangan perannya secara drastis. Sudah tidak asing lagi julukan televisi sebagai surrogate parent, substitute teacher .
Tujuan kebanyakan program siaran televisi adalah bagaimana caranya sebanyak mungkin mendapatkan audience. Program televisi di Indonesia pada umumnya diproduksi sendiri semua program siarannya. Dengan semakin banyaknya keberadaan stasiun televisi tersebut, memberikan angin segar bagi masyarakat dalam hal menerima informasi maupun hiburan di televisi yang sesuai dalam fungsinya. Stasiun televisi berusaha memberikan program tayangan yang variatif buat khalayak seperti program tayangan film, kuis, sinetron, reality show, variety show dan lain-lain.

June 12, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: