Asiaaudiovisualra09gunawanwibisono’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Pengertian Persepsi

Pengertian Persepsi
Persepsi adalah merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan . Persepsi ialah memberikan makna pada stimuli indrawi (sensory stimuli). Hubungan sensasi dengan persepsi sudah jelas. Sensasi adalah bagian dari persepsi, walaupun begitu menafsirkan makna informasi indrawi tidak hanya melibatkan sensasi, tetapi juga atensi, ekspektasi, motivasi, dan memori.
Jadi persepsi kita hanyalah respons-respons otak terhadap sinyal-sinyal listrik. Berdasarkan hal ini, orang yang kita lihat, warna-warna, rasa keras melalui sentuhan, dan segala sesuatu yang kita miliki dan yang kita terima sebagai dunia luar, hanyalah sinyal-sinyal listrik yang sampai ke otak kita.

2.5.2. Proses Terjadinya
Dari segi psikologi dikatakan bahwa tingkah laku seseorang merupakan fungsi dari cara dia memandang. Oleh karena itu, untuk mengubah tingkah laku seseorang harus dimulai dari mengubah persepsinya.
Dalam proses persepsi, terdapat tiga komponen utama
1) Seleksi adalah proses penyaringan oleh indra terhadap rangsangan dari luar, intensitas dan jenisnya dapat banyak atau sedikit.
2) Interpretasi adalah proses mengorganisasikan informasi sehingga mempunyai arti bagi seseorang. Interpretasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pengalaman masa lalu, sistem nilai yang dianut, motivasi, kepribadian, dan kecerdasan. Interpretasi juga bergantung pada kemampuan seseorang untuk mengadakan pengategorian informasi yang diterimanya, yaitu proses mereduksi informasi yang kompleks menjadi sederhana.
3) Interpretasi dan persepsi kemudian diterjemahkan dalam bentuk tingkah laku sebagai reaksi. Jadi proses persepsi adalah melakukan seleksi, interpretasi, dan pembulatan terhadap informasi yang sampai .

2.5.3. Jenis-Jenis Persepsi
Dalam bukunya Deddy Mulyana, membagi dua jenis persepsi yaitu, persepsi terhadap objek (lingkungan fisik), dan persepsi terhadap manusia (persepsi sosial) yang terjadi pada manusia yaitu
1. Persepsi terhadap objek (lingkungan fisik), mengidentifikasikan bahwa persepsi terhadap objek hanya dapat melalui lambang-lambang fisik saja, dan lebih menanggapi terhadap suatu objek hanya melalui sifat-sifat luarnya saja.
2. Persepsi terhadap manusia (persepsi sosial), adalah proses menangkap arti objek-objek sosial dan kejadian-kejadian yang dialami dalam lingkungan. Proses persepsi sosial bersifat dinamis karena persepsi terhadap manusia dapat berubah dari waktu ke waktu, dan lebih cepat dari persepsi terhadap sebuah objek.

Advertisements

June 12, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: