Asiaaudiovisualra09gunawanwibisono’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Virus Komputer

Yang namanya virus sering banget bikin masalah. Abis makhluk yang satu ini sering menimbulkan penyakit, nggak cuma orang yang diserang, komputer juga bisa kena. Repotnya, mirip sama yang terjadi dalam tubuh, virus dalam komputer juga bias bikin kekebalan computer jadi lemah dan sakit. Udah gitu cara penyebarannya juga mirip virus manusia. Nular jack! Dari satu komputer ke komputer lainnya.
Emang sih ada beberapa kemiripan sifat antara virus dalam tubuh dengan virus komputer. Kalo virus mnusia butuh sel DNA untuk hidup, sementara virus komputer nyantol ke program atau dokumen supaya bisa menyebar dalam harddisk komputer.
Virus pertama-tama berbentuk kode yang menempel pada program kayak gim atau file word processor. Virus model ini adalah kode berbentuk kecil yang menempel di program yang besar. Setiap virus didesain akan bekerja lebih awal ketika program asli dijalankan, kemudian virus ini masuk ke dalam memori dan mencari program lain di dalam hard disk. Begitu dah nemu program lain, virus bakal memodifikasi dirinya (kaya amoeba gitu deh) untuk memperbanyak ke program tujuan.
Kemudian virus melancarkan serangan lanjutan. Pemakaian nggak akan tahu bahwa virus sudah berjalan dalam komputer, dari satu program yang terinfeksi kini sudah ada dua program. Dan proses ini paling gawat, kalo program yang udah kena terinveksi udah banyak, tau-tau komputer kita udah ngadat. Makin parah lagi begitu sebuah flash disk yang udah terinfeksi dari komputer dipindahkan ke komputer lain yang masih bersih atau tersambungnya sebuah komputer dalam jaringan. Sebab banyak lagi komputer yang akan terinfeksi.

June 19, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: